Jumat, 27 Januari 2012

Membuat Presentase Menarik dan Interaktif dengan VB 6.0

Perancangan presentase dapat dilakukan dimana saja, salah satunya adalah dengan menggunakan Power Point, Flash dan sebagainya. salah satu hal yang penting dalam presentase adalah kemampuan untuk menunjukkan point-point yang akan disampaikan dengan jelas. semua program dan aplikasi dapat melakukan ini. hanya saja tidak semua program dapat melakukan presentase dengan metode By Call, artinya point yang ditunjukkan hanya point yang di calling. Power point misalnya, masih susah untuk menunjukkan presentase secara random/acak. maksudnya, untuk membuka point presentase dibagian tengah file biasanya harus membuka dari awal kembali atau keluar dari tampilan slide shownya. cara mengatasi keterbatasan ini adalah dengan merancang presentase yang didukung oleh program yang berorientasi Objek...Visual Basic salah satunya. Hal lain yang tak kalah penting dlam pembuatan presentase adalah animasi atau kekuatan auto design grafik dari presentase yang dibuat. andalan kita sih biasanya Flash hehehe...tapi jika kita mau coba, VB juga ternyata mampu melakukannya. Program Prototype yang dibuat ini adalah program yang berguna untuk menyajikan informasi potensi daerah (Sulbar) misalnya dengan cara mengklik langsung pada peta nama daerah yang akan dimunculkan informasinya seperti pada gambar dibawah ini :

Misalnya operator mengklik tulisan Kab. Mamuju Utara pada Peta, maka ketika mouse didekatkan kearah tulisan, tulisan akan berubah menjadi merah (sebelumnya Hitam) 


setelah tulisan Kab. Mamuju Utara diklik, akan muncul tampilan informasi seputar Kab. Mamuju Utara  seperti berikut :


Begitu seterusnya...kita tinggal mengklik nama daerah yang ada didalam peta Sulbar, maka keterangan dan potensi daerah akan muncul sesuai dengan nama kabupaten atau daerah yang kita klik dipeta.

Program ini tentu saja masih sangat sederhana, tapi anda dapat mengembangkannya menjadi presentase atau alternatif presentase yang lainnya selain power point yang sudah banyak digunakan orang. Listingnya pun sangat sederhana sekali lagipula..."karena beda itu baik" kata teman saya Hehehehe...

Selamat Berkarya dan berkreasi !!!

Oh yah...untuk mendownload contoh program presentase ini silahkan anda klik dibawah ini:

0 komentar:

Posting Komentar