Jumat, 20 Januari 2012

Bermain-main dengan Registry Windows

Registry windows adalah salah satu bagian yang teramat penting dalam system operasi Windows. boleh dikatakan registry ini adalah jantung dari operasi windows. anda dapat mengubah tampilan, menghilangkan atau menonaktifkan tampilan atau program atau apa saja didalam system registry windows. namun saran penulis, sebaiknya sebelum anda melakukan utak atik atau perubahan dalam system registry, sebaiknya system registry default komputer anda dibackup dulu, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi apa-apa dengan system operasi anda. caranya adalah sebagai berikut :
1. Klik tombol Start > Run.
2. Ketik regedit dan tekan Enter setelah berada didalam jendela Run.
3. Didalam Registry Editor, pilih menu File > Export.
4. Setelah Export Registry File muncul, masukkan nama file ke bagian File Name, misalnya backup-registry dan     sebagainya.
5. tekan tombol Save.

Adapun cara menjalankan atau membuka jendela registry anda adalah sebagai berikut :
1. klik tombol Start > Run.
2. Ketik Regedit dan tekan Enter, maka jendela Regedit anda akan terbuka.



sebagai contoh misalnya, jika anda hendak menghilangkan tanda panah pada shortcut di dekstop.

Kalau kita membuat shortcut dari suatu aplikasi atau pun directory pasti akan kita lihat sebuah panah kecil. Dari segi penampilan, panah yang menutupi sebagian icon tersebut sangat menjengkelkan. Apalagi jika kita ingin menonjolkan gambar icon tersebut. Untuk itu ada sebuah cara untuk menghapus panah tersebut sehingga penampilan icon kita lebih menarik. Caranya anda tinggal menghapus string value "IsShortcut" yang ada di dalam subkey "lnkfile" dan "piffile" pada key "HKEY_CLASSES_ROOT" dari registry windows anda. 

atau mungkin anda mau menyembunyikan menu RUN di windows anda, maka perintahnya adalahh sebagai berikut :

HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/Explorer
Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoRun. Klik ganda dan masukkan angka 1 sebagai Value Data.

Masih banyak lagi pengaturan registry windows yang penting dan bersifat dasar. setting registry ini efektif digunakan untuk windows XP dan untuk versi Windows7 masih perlu diedit dan disesuaikan lagi.. untuk mengetahui pengaturan registry yang lainnya anda dapat mendownload tulisan bermain-main dengan registry windows dengan mengklik tautan dibawah ini.
























6 komentar: