Rabu, 04 Mei 2011

Membuat Robot Line Follower Dengan LDR dan VB 6.0

MEMBUAT ROBOT LINE FOLLOWER DGN LDR DAN VB 6.0
Rangkaian Robot Line follower pada intinya ialah 2 buah motor DC yang aktif berdasarkan input dari sensor LDR, jika LDR mendeksi garis putih (terang) dan garis hitam(gelap) maka akan ada perubahan nilai hambatan pada LDR tersebut, yang akan mengaktif/menonaktifkan transistor 2N3904. Untuk mengatur input tegangan ke basis agar dapat membuat transistor 2N3904 saturasi, maka digunakan pembagi tegangan, dalam hal ini trimpot / potensiometer 50k-100k. Perubahan logika pada transistor 2N3904 juga akan menyebabkan LED menyala atau mati, sebagai indikator apakah LDR membaca garis hitam/putih.  Perubahan logika pada kaki kolektor 2N3904 juga sebagai input pada basis 2N2907, yang akan mengaktifkan/menonaktifkan  motor DC, dimana transistor  2N2907 merupakan transistor switching standar.  Perhatikan gambar berikut:


Anda dapat menggunakan sebagian  barang bekas untuk membuat robot ini, misalnya menggunakan roda BB REXONA sebagai roda robot. Komponen dan peralatan lengkap  yang diperlukan ialah :
ü  2 buah sensor cahaya LDR
ü  PCB IC bolong
ü  2 buah transistor 2N3904
ü  2 buah transistor 2N2907
ü  2 buah Trimpot/potensiometer 50k-100k
ü  2 buah resistor 3.3K
ü  2 buah resistor 1K
ü  2 buah LED (Light Emiting Dioda)
ü  Spacer (kaki PCB)
ü  Acrilic body robot ukuran diameter 20 cm.
ü  Solder, timah solder dan kabel secukupnya
ü  Roda bekas  penghilang BB REXONA
ü  2 buah motor DC dengan gearbox  GT1 dan roda untuk GT1
Atau
ü  2 buah motor DC dengan gearbox GT5 dan rubber Wheel untuk GT5 (lebih  bagus)
ü  Bor PCB
ü  Lem Lilin
ü  Multitester analog /digital

Perakitan
Langkah-langkah untuk merakit robot ini sebagai berikut :
1.      Siapkan PCB IC bolong, lalu pasang dan solderlah  komponen sesuai rangkaian diatas.
2.      Beri tegangan 6V, atur pemberian  cahaya pada LDR tersebut dengan membuka atau menutup permukaan LDR tersebut dengan jari atau kertas, atur trimpot/potensiometer sehingga hasilnya optimal. Bagian ini ialah bagian yang paling kritis di dalam pembuatan robo tini, karena kalau tuning tidak tepat, aka robot beralan tidak sesuai jalur yang dibuat.
3.      Jika sudah selesai, pasanglah apda acrilic dengan tampilan seperti berikut :


4.      Pasanglah PCB dan pendukungnya pada acrilic.  Hubungkan kabel motor DC ke keluaran PCB.  Hubungkan Adaptor 6V ke input rangkaian interfacing VB 6.0 sebagai  Supply PCB 

5.      Jika sudah dirakit cobalah jalankan pada lantai yang sudah dipasang jalur hitam berkelok (dapat menggunakan lakban), maka robot akan beralan mengikuti jalur tersebut.  Jika sensor kurang sensitif, putarlah perlahan-lahan trimpot/potensiometer robot tersebut, untuk hasil yang optimal. Pastikan sensor LDR berada cukup dekat dengan lantai.   Jika putaran motor terlalu cepat, Anda dapat mengatur besar tegangan motor DC tersebut, misal menggunakan IC variabel regulator LM317.
6.   untuk suplay tenaga On/Off dapat dilakukan dengan pengkoneksian melalui Visual Basic. Catu daya  6V didapat dari adaptor dan dikoneksikan kerangkaian melalui VB 6.0 dengan sistem relay. Sehingga diagram boxnya menjadi sebagai berikut :










7.    VB 6.0 berfungsi sebagai pengontrol tersambungnya arus 6 v ke rangkaian robot line Follower yang telah kita buat sebelumnya. Dengan tampilan form sebagai berikut :

Jika kita menekan tombol START, maka robot yang telah dirancang akan mengikuti garis (line) dan jika kita menekan STOP, maka arus yang menyuplai robot akan terputus dan robot akan berhenti bergerak.
Selamat mencoba dan bereksperimen !





10 komentar:

  1. ASS.. pak, selama saya mengerjakan program TPA saya kesulitan pada relasi dan cetak.. saya sudah belajar sama mbak Idha tapi ketika saya mengerjakan sendiri programnya debug terus..
    sekian komentar saya.

    BalasHapus
  2. Ass.. Pak,kesulitan dalam mengerjakan program TPA terletak pada cetak dan relasi saya tidak mengerti pada pembuatan Form wizerdnya..

    BalasHapus
  3. ass..ini saya Subari saya kesulitan pada relasi dan cetak dan packet.

    BalasHapus
  4. Alimuddin. M13 Juli 2011 04.43

    Asalamu Alaikum pak saya ada masalah di bagian table stukture misalnya saya sudah ketik masuk T_penjualan di bagian table name maka muncul Add Field jadi saya ketik lagi nama misalnya barang,elektronik trus yang mana lanjutan kita pilih atau klik apakah Add Index atau Bultd Table jd di bagian di situnya saya pusing pak.

    BalasHapus
  5. Rahma andi Ilham:
    Ass, M"f pak Komennya di postingan yang lama,, kami tunggu Postingan Relasi datanya..

    Mksh...

    BalasHapus
  6. SUPRIATNO
    NIM : 28 192 5071 077

    Ass...
    maf pak sy ada masalah dgn program vb. sy blm mengerti cara merelasikan 3 tabel????

    BalasHapus
  7. Nurhidaya Ali14 Juli 2011 05.49

    Assalamu alaikum wr.wb
    waktu final kemarin saya kesulitan dibagian form untuk relasinya. tapi alhamdulillah Idha sudah mengajari sedikit, namun aku masih butuh bimbingan dari bapak biar lebih baik lagi.
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  8. Ass...
    Pak saya kesulitan pada cetak, jika saya mencetak dengan menggunakan data report dengan jumlah field yang banyak maka muncul pesan. jadi ketika mencetak tabelnya tidak beraturan, karena jika panjang mka tidak bisa terbaca. jadi bagaimana jika kita ingin mencetak dengan menggunakan data report memakai landscape tanpa menggunakan crystal report???

    BalasHapus
  9. Pak Robot Apa Menggunakan program???? jally

    BalasHapus
  10. ass.. wr.wb
    maaf mas , tegangan untuk motor DC sesuai rangkaian diatas, berapa ya volt ya mas?

    BalasHapus