Minggu, 22 Januari 2012

Membuat Robot Tank dengan Navigasi radio 27Mhz dengan Visual Basic 6.0




Oleh: Fadly Okfianto Muin
Robot ini dijadikan Tugas Akhir oleh Mahasiswa Teknik komputer di Amik Tomakaka Mamuju. Entah siap-siapa namanya...saya sudah lupa :D... Namun karena turut ambil gawe dalam lahirnya robot ini, maka saya tentu saja boleh mempublikasikannya untuk alasan menyebarluaskan pengetahuan dan keilmuan dibidang IT.



Type robot ini adalah masuk dalam kategori robot tank. Beberapa kelebihan robot tank dibandingkan dengan robot lainnya adalah kemampuan dari robot ini untuk melintasi atau melewati jalur yang sulit dan susah. Robot tank ini dibuat dengan 3 cara kerja dasar yaitu :
1.      1.     System transmisi signal radio.
2.      2.     System operator gerak dengan VB 6.0
3.      3.      Mekanik robot yang berpola tank.

Berikut adalah penjelasan sederhana dari ketiga dasar cara kerja robot tersebut:

1.       System Transmisi signal radio.
        Signal yang digunakan dalam transmisi ini adalah signal radio dengan frekuensi 27 Mhz. Digunakan /dibuat 2 bagian. Yaitu bagian transmitter atau pelempar dan bagian receiver atau penerima. Bagian transmitter diletakkan dalam satu bagian tersendiri dalam sebuah rangkaian dan bagian receiver melekat dalam bodi robot tersebut. Rangkaian ini dapat anda pesan atau buat sendiri.




       System Operator Gerak dengan VB 6.0
    Visual Basic 6.0 digunakan sebagai program interface untuk mengontrol gerak robot secara wireless/gelombang radio. Jadi fungsinya adalah menghubungkan secara nirkabel rangkaian transmiter dan receiver yang ada di bodi robot. Untuk menghubungkan rangkaian transmitter dan komputer yang digunakan sebagai interfacing digunakan DB.25 atau port pararel.

     

      Mekanik Robot dengan pola/Type Tank
    Bodi Robot terbuat dari papan PCB, kemudian dilekatkan sedemikian rupa sehingga membentukhurufjika terlihat dari depan.  Robot ini menggunakan 2(dua) motor DC yaitu didepan dan dibelakang. Masing-masing motor DC mempunyai 2(dua) input/arah yakni kiri-kanan. Artinya motor DC ini bisa berputar bolak balik jika diberi tegangan yang berbeda. perbedaan ini nantinya akan digunakan untuk menggerakkan robot untuk maju atau mundur.





     Untuk mendowload tulisan selengkapnya tentang Robot Tank ini misalnya, cara membuat transmitter, gambar desain dan rangkaiannya, gambar relay dan skema rangkaian yang digunakan, source code serta penjelasan lainnya silahkan anda download artikel dibawah ini:


Download Artikel lengkap Membuat Robot Tank dengan VB 6.0

2 komentar:

  1. Ijin download dan belajar ya ,

    makasih sudah sharing dan berbagi ilmu nya

    BalasHapus
  2. Terima kasih informasinya Pak Fadly,,, thanks for sharing

    BalasHapus