Rabu, 30 Maret 2011

Perbandingan Sistem Operasi


Oleh :Phil Hughes


Bagian ini memperlihatkan berbagai perbandingan Sistem operasi yang biasa di gunakan di lingkungan bisnis.

  1. Komputer Gabungan
2.   Platform Bisnis Pada Umumnya
      2.1. Sistem Turunan
      2.2. Sistem operasi Microsoft
  1. Pemilik Sistem UNIX
  2. UNIX terbuka – Seperti Solusinya
            Sistem *BSD
            LINUX
  1. Dasar lainnya
  2. Pemilihan Sistem operasi yang tepat
            Pengalamatan yang di butuhkan   
            Kemampuan Operasi Internal
            Pendukung untuk Perangkat Keras yang berbeda
            Meningkatkan Kemampuan
            Non-Pemilik
            Kekompatibelan POSIX
  1. Perbandingan  Sistem operasi

Pada saat ini, komputer sudah menjadi bagian dari lingkungan bisnis. Seperti sebuah daftar yang terpisah, perusahaan mencoba atau mengisi tempat penyimpanan file, Bisnis mengenal komputer sebagai alat kebutuhan untuk mengerjakan urusan bisnis.

            Sayangnya, kebanyakan bisnis tidak berada dalam posisi untuk membuat keputusan  seperti pada komputer atau peralatan lainnya. Ini disebabkan karena sistem komputer lebih rumit dari pilihan bisnis
.
            Dalam artikel ini, Saya akan membagi pengalaman saya sebagai spesialis sistem desain dan programmer sistem  untuk pemerintah dan industri.

1.     Komputer Gabungan
Kebanyakan bisnis pada saat ini memakai jenis komputer gabungan dan system operasi komputer memudahkan pekerjaan mereka . Sebagai contoh Intel Pentium dan system komputer yang sama dijalankan diwindows 95 seperti biasa dalam otomasi kantor tetapi beberapa jenis komputer dapat digunakan untuk pekerjaan penggambaran grafik, system penjualan atau terhubung ke internet.       
Kenyataannya, ini sangat mungkin jika anda tidak mengetahui jenis perangkat keras dan system operasi yang berisi sebuah pemberian system yang melakukan fungsi spesifik untuk perusahaan anda.
           
Komputer Gabungan yang baik menawarkan kemampuan internal yang selalu dibutuhkan oleh sebagian pilihan yang lebih baik dari memilih satu jenis komputer dan system operasi serta kemudian mencoba untuk membuat pekerjaan. Pilihan teraskhir akan sama untuk menghendaki semua pegawai agar memiliki jenis yang sama dari ruang kerja—Walaupaun mereka seorang sekretaris, seorang programmer komputer atau seorang manajer gudang.

Ini tidak berarti Anda harus mempunyai panduan yang tepat atau layak. Sebagi contoh, Anda lebih suka memilih salah satu Wordprosesor yang berguna bagi semua orang. Bagaimanapun juga keputusan ini harus berdasarkan kemampuan internal yang dimiliki sistem tsb daripada keputusan yang tidak berdasar.

Mari saya perkenalkan beberapa standar platform bisnis dan menperbincangkan kemampuannya.

2.     Standar Bisnis Platform
Pertama-tama apa yang dimaksud dengan Platform ?. Platform adalah sebuah kombinasi dari perlengkapan komputer ( Perangkat keras ) bersama dengan system operasi yang menawarkan kemampuan komputerisasi. Diatas platform ini anda akan menjalankan software atau perangkat lunak (Wordprasessor, Lembar kerja database, Aplikasi dll) anda membutuhkan untuk menjalankan bisnis anda.

Satu hal yang membingungkan adalah anda terkadang akan melihat kombinasi perangkat keras atau lunak yang dibicarakan disini (seperti MacOS dan pada Apple Macintosh ) tetapi, disisi lain anda akan melihat system operasi yang dipilih dalam satu hardware platform (seperti DOS, Linux, SCO UNIX dan Windows 95 dalam suatu hardware yang sama) seperti pilihan( seperti Digital Alpha dan Intel Pentium)  hardware untuk sistem operasi. Ini disebabkan karena beberapa system operasi hanya berjalan diperangkat keras yang cocok.
           
            Sistem Turunan

Dimasa sistem turunan umumnya pernah menunjukkan system yang lebih awal seperti Mainframe yang telah diinstall, Menjalankan beberapa fungsi yang diperlukan tetapi tidak lama dipertimban gkan solusi baru ini. Merka masih membutuhkannya karena mungkin masih diperlukan untuk mendukung system komputer gabuingan yang biasa digunakan di perkantoran.

Contoh umum dari system adalah :

·         IBM Mainframe yang berjalan  dengan sistem operasi kepunyaan  IBM.
·      Unisys dan Mainframe lainnya dengan sistem operasi masing-masing.
·   Digital VAX Sistem Berjalan dengan VMS.

Mesin ini biasanya diinstall untuk mengerjakan komputerisasi khusus untuk perusahaan. Ini mungkin semua dari pembuatan sistem kontrol untuk syarat system perhubungan udara.

Masalah dengan sistem ini adalah bahwa mereka tidak dirancang untuk berinteraksi dengan perhitungan lainnya dan system operasi membuatnya sulit untuk menambah kemampuan baru perusahaan komputer. Contoh Hubungan internet menjadi lebih baik dan lebih penting tetapi dalam menghadapi masalah seperti Elektronik Mail (E-mail) dan dari hak milik sistem yang terbaik, amatlah sulit. Untuk penjelasan lebih lanjut dari satu persetujuan perusahaan dengan keputusan ini lihat ____ didalam____ perbincangan jurnal Linux  %%%  ini.

            Sistem Operasi Microsoft

Microsoft menawarkan system operasi yang lebih populer untuk digunakan pada komputer. Seri system oprasi utama dimulai dengan MS-DOS dan sekarang dilengkapi dengan Windows 95 dan WindowsNT.Salah satu kelebihan dari system operasi tersebut adalah keunggulannya yang relatif lebih murah dari program aplikasi lain yang digunakan .

Salah satu kekurangan yang terbesar dari tahap sistem operasi ini adalah tidak mempunyai keterhubungan dan kemampuan internal. Dalam masalah dengan sistem turunan ini kita harus lebih   teliti, karena   pemakai tunggal dari sistem  ini perlu ditingkatkan  untuk konektivitas yang layak.

Windows 95 dan WindowsNT menghubungkan alamat-alamt keputusan secara baik diantara sistem-sistem, sistem ini masih mempunyai kekurangan didalam area kemampuan internal dengan sistem operasi yang lainnya.
Kekurangan ini sebenarnya agar masyarakat tetap bertahan dengan semua produk Microsoft.Diluar kedengarannya seperti solusi yang baik tetapi terbatas seperti hubungan internet yang kurang dan rendahnya sistem keamanan yang menyebabkan bertambahnya biaya.

3.     Penemu Sistem UNIX

UNIX berawal dari  dikeluarkannya produk AT&T  dimana ijin kode sumbernya dan hak patennya dari berbagai penjual (Vendor). Pada saat ini UNIX  adalah salah satu cabang yang mengacu pada X/Open dan kode sumber asli yang dimiliki oleh The Santa Cruz Operation (SCO).

Banyak para penjual yang dapat permintaan tes dengan imbalan dapat menggunakan nama UNIX dengan gratis.

Sehubungan dengan usaha ini, yang biasa disebut POSIX telah dibangun untuk menjelaskan bagaimana sistem seperti UNIX.

Hal itu, yang termasuk dalam POSIX mendukung operasi standar antar penghubung. Ini relatif mudah untuk memasang software aplikasi dengan menggunakan POSIX system ke system POSIX yang lainnya. Biar bagaimanapun juga, hal tersebut tidak berarti  kode sumber harus cocok atau sesuai dengan jaringannya.

Pemakai keputusan ini bersifat umum dimana, penyedia (vendor) spesialis mengembangkan jenis system operasi yang hanya dapat dijalankan pada perangkat keras mereka   dan tidak ada peningkatan.

Contoh dari sistem ini adalah :

·         HP/UX untuk sistem komputer Hawlet Packard.
·         Solaris untuk Sun dan SPARC untuk sistem komputer yang kompatible.
·         IRIX untuk sistem komputer silicon graphichs
·         Digital UNIX untuk sistem komputer Digital Alpha
·         AIX untuk sistem komputer IBM


SCO juga menawarkan SCO UNIX untuk personal komputer yang berbasis Intel X86 dan chip yang kompatible.

SCO UNIX berbeda dari system yang ada dalam bahasan ini karena SCO tidak membuat  perangkat keras ( hardware ). ini berarti anda harus punya hardware yang menggunakan system standar paling rendah  dengan arsitektur X86.  

Adapun keuntungan yang dapat diperoleh dari system ini adalah
·         Koneksi yang sangat baik---UNIX menjadi sistem operasi  dari internet dan dunia WWW mempunyai pilihan konektivitas.
·         Kestabilan ---Dengan lebih dari 25 tahun dipasaran, Sistem UNIX menjadi sangat  dipercaya, Bagaimanapun UNIX yang telah dimodifdikasi oleh penjual  tetapi tidak mengubah sistem dasar UNIX yang telah digunakan oleh Vendor.
·         Ukuran---Teknologi UNIX telah dijalankan dimesin berbasis 8086 PC multimillion dollar Cray Supercomputer.Hal ini membuktikan bahwa UNIX dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan. Garis besar dari pernyataan ini bahwa tidak semua buatan pabrik menawarkan kemampuan mesin diseluruh bidang, Jadi anda harus mngganti penjualan untuk mengubah ukuran mesin.
·         Banyak pemakai banyak pekerjaan----UNIX selalu mampu menjalankan banyak program dalam satu waktu dan mendukung banyak pemakai secara simultan. Ini berarti bahwa penyedia pengendali jalan masuk cetak dapat diimplikasikan menggunakan sistem berbasis UNIX.

4.     UNIX terbuka-- seperti pemecahannya.

Alternatif lain dari pemilik (dan penjual istimewa) sistem UNIX adalah sistem yang menawarkan kemampuan disamping menjadikan penghubung  penjual perangkat keras atau arsitektur mesin. Semua tahapan dari sistem operasi tersebut tidak dapat menghubungkan dirinya sendiri kepada penjual istimewa tetapi hanya satu jalur juga penawaran tidak terikat dari perancang mesin istimewa.

            Sistem *BSD
Sistem Non LINUX menjawab hubungan antara BSD UNIX.
Apakah BSD UNIX itu ?. Dimulai dari tahun 1970-an, Universitas California di Barkeley, Mendapat izin UNIX dari AT&T dan lebih tepat lagi bekerja didalamnya
.
Ini akhirnya menghasilkan dua jalur perkembangan,yang pertama dikenal    dengan sisitem UNIX(dari AT&T) dan BSD UNIX.

Kebanyakan lebih tepat berhubungan dengan perniagaan pemakai dari BSD UNIX Sun Microsystem salah satu produk dari SunOS. Ini tidak mengejutkan pertimbangan Bill Joy penemu dari Sun Microsystem, salah satu perancang utama dari BSD UNIX ketika dia berada di Universitas California, Barkeley.

Pada tahun 1980-an AT&T, Sun dan lainnya membentuk aliansi untuk menggabungkan system terbaik dari V dan B  UNIX menjadi satu produk. Solaris, sistem operasi  ini yang berasal dari SUN merupakan salah satu hasil penggabungan.

Walaupun kode sumber AT&T  memerlukan ijin, tetapi kode sumber BSD dapat digunakan bebas. Pendukung dari bBSD UNIX—komersial dan non komersial—usaha selanjutnya unutk mengembangkan kemampuan BSD dari paket BSD UNIX dan membuat ini menjadi  mudah didapatkan.

Pada saat ini, SistemBSDI, NetBSD dan FreeBSD adalah berbasis kode BSD UNIX. Kemampuan UNIX memberikan apa yang anda harapkan. Sayangnya ada dua kekurangan :
·         Berbeda dari kemampuan utama UNIX (dan POSIX).
·         Hanya dapat dijalankan pada prosesor X86.

Keterbatasan ini membuat keinginan mereka berkurang guna membuat solusi  berbisnis dibandingkan dengan LINUX, tetapi mereka biasanya menggunakan sistem resmi seperti routers. Sejarah pembangunan jangka panjang mereka menghasilkan kemampuan konentivitas yang menjadikan hal tersebut menjadi luar biasa dalam sistem komunikasi.

            4.2. LINUX

Linux dimulai sebagai proyek tunggal dari Linux Torvalds. ( Anda mungkin ingin tahu tentang apa yang dimaksud dengan linux). Apa yang menjadikan Linux berbeda dengan sistem operasi lainnya yaitu dalam proyek pembuatannya ribuan orang dari pelajar samapi ahli komputer terlibat dalam pembuatannya. Ketika ide UNIX dan POSIX, selalu berbasis pada kemampuanya dan pembangunannya yang selalu dilihat secara praktisnya. Ketika BSd dibangun adalah untuk mengatasi masalah syndrome “Most Invented Here”. Pembangunan LINUX jauh lebih sederhana, Ini berarti kemampuan yang digunakan system lain dapat terintegrasi kedalam pengembangan LINUX.

Pada waktu LINUX dikembangkan dimulai dengan system berbasis 386. Dalam arti sederhana bentuk lain diperhitungkan, Sekarang ini LINUX dijalankan pada SPARC, Power(termasuk Mac), Digital alpha dan %%%% (Apa Ya Saya lupa?) mesin-mesin dengan penghubung terhadap yang lain.

Portabilitas sangat penting karena:
·         LINUX dapat tumbuh dengan anda contohnya, Jika anda menjalankan Web atau file server dengan komputer berbasis Intel dan anda membutuhkan hasil yang lebih baik dari suatu sistem,Anda dapat meningkatkan ke sistem dengan basis Sun Sparc atau Digital Alpha.
·         LINUX berkembang dimasa depan. Hardware diperkenalkan pada setiap tahunnya.Komunitas LINUX telah membuktikan keterhubungan LINUX  kepada rancangan komputer baru dari berbagai macam vendor.

Sejalan dengan keuntungan-keuntungan diatas LINUX menawarkan kemampuan konektivitas yang telah menjadi ciri khas, sistem berbasis UNIX sama seperti penambahan kemampuan konektivitas yang khas bagi LINUX .

Yang termasuk dalam kemampuan ini :
·         Hubungan TCP/IP
·         Driver untuk banyak serial, ISDN dan Frame Relay Kontrol.
·         Appletalk untuk keterhubungan Mac/LINUX
·         SAMBA untuk keterhubungan Microsoft Windows/LINUX.
·         IPX Protokol mendukung keterhubungan untuk Novell Netware/LINUX.

5.     Platform Lain

Dua platform lain yang dikenal pada saat ini, MacOS pada The Apple Macintosh dan Novell Netware.

Awalnya Mac dibangun untuk Workstation dan beberapa aplikasi yang spesifik lainnya seperti grafik, akan berjalan pada workstation yang baik.Walau bagaimanapun  tidak pernah dirancang untuk operasi internal yang menggunakan system yang bukan Mac kecuali perusahaan anda bekerja pada bidang grafik,dan tidak akan menjadi solusi umum.

Novell Netware dirancang untuk meningkatkan keterbatasan konektivitas pada produk awal Microsoft, menyelesaikan tugas dengan menawarkan kemampuan file server bagi sistem yang berbasis DOS dan Windows, tetapi terbatas. Dengan pihak klien saat ini, kemampuan operasi internal dari Windows 95 dan kemampuan sistem server lain seperti sistem LINUX, Netware telah benar-benar masuk ke dalam kumpulan sistem yang turun-temurun.

  1. Memilih Sistem Operasi Yang Tepat.
Jika anda bergerak didalam manajemen bisnis mungkin anda tidak pernah mendengar tentang Sistem Operasi, anda tidak akan menyukai unutk memilih salah satu diantaranya.

Sayangnya, bahaya yang paling potensial adalah kesalahan dalam memilih yang melampaui kemampuan dalam membuat keputusan dari seorang sales eksternal atau teknisi.

Informasi ini dirancang untuk menolong para manager dalam membimbing para teknisi dalam pelaksanaan untuk pencarian solusi terbaik bagi perusahaan. Keduanya untuk pemecahan sekarang dan memberikan hasil yang terbaik dimasa yang akan datang.

            6.1 Pengalamatan yang dibutuhkan.

Syarat yang paling dasar dalam pemilihan yang anda buat harus berhubungan dengan kebutuhan anda. Contohnya yaitu Jika bisnis anda membutuhkan keamanan transaksi online dari WWW, haruslah yakin bahwa  system yang anda pilih mendukung keamanannya.

6.2      Kemampuan Operasi Internal.

Kadangkala anda membutuhkan lebih dari satu tipe sistem untuk melaksanakan semua kebutuhan perusahaan anda. Contohnya Sistem Akuntansi anda tidak akan dapat berjalan didalam system komputer yang sama dan server WWW anda. Pastikan anda memilih sistem yang dapat mendukung operasi internal tersebut.

6.3      Pendukung untuk Hardware yang berbeda

Perusahaan berkembang, biasanya ini berarti kebutuhan akan komputerisasi meningkat. Pastikan pilihan anda memberikan fasilitas dalam penambahan kemampuan hardware, Bisa saja jalan ini menjadi penambahan dalam pengupdatean jaringan komputer agar lebih cepat dan perangkat kerasnya lebih handal atau mendukung system yang rancangan yang lebih baik seperti Symmetric Multi Processing(SMP).

6.4      Meningkatkan Kemampuan.

Untuk meningkatkan kemampuan sistem yang anda pilih adalah sangat penting.Ada banyak pilihan yang harus dicermati disini dan juga banyak faktor-faktor yang harus diperhatikan serta faktor-faktor yang mengimbanginya dan tidak ada jawaban yang terbaik.

Berikut ini beberapa topik yang dibicarakan :

·         Hardware yang mendukung adalah kemudahan bagi software yang dijalankan dalam produk hardware seperti PC Generik.
·         Beberapa perusahaan penyedia menawarkan hardware dan software pendukung.
·         Beberapa sistem operasi disertai dengan kode sumber atau mungkin kode sumbernya harus dibeli secara terpisah.Mereka membuat pendukung untuk hardware khusus dan pengembangannya ke depan menjadi lebih mudah bagi staf internal atau penyedia luar.
·         Solusi bagi Platform tunggal dapat dengan mudah memecahkan masalah.

6.5      Non-Pemilik

Dalam pilihan sistem operasi yang berada diluar sistem yang dibicarakan lebih mudah untuk meng-upgrade hardware ke teknologi baru yang tersedia.

6.6      Kekompatible-an POSIX.

Sebagian besar sistem operasi yang tersedia adalah POSIX. Dalam pemilihan sistem operasi berdasarkan atas standar POSIX  menawarkan pilihan terbaik untuk jangka panjang dan pendukungnya.
           
7.     Tabel Perbandingan Sistem Operasi.

Tabel dibawah ini menawarkan perbandingan lengkap. Ini hanya petunjuk, tentu saja ada proses seleksi yang lebih lanjut yang dapat diberikan didalam table ini atau bahkan seluruh artikel ini.Hal lain yang ditunjukkan ialah apa yang ada sistem operasi. Sebagai contoh LINUX dan *BSD kaya akan software pembangun aplikasi dan peralatan software yang akan menghabiskan ribuan dollar jika menggunakan software atau platform yang berbeda.

Tabel Perbandingan Platform



KESIMPULAN
A.   Komputer Campuran
Jenis komputer campuran dan sistem operasi komputer memudahkan pekerjaan sehari-hari. Sistem komputer campuran yang baik menawarkan kemampuan internal yang dibutuhkan .
     
B.  Common Business Platform .             
                 
Platform adalah kombinasi dari alat-alat komputer atau perangkat keras   bersama dengan perangkat lunak sistem operasi yang menawarkan kemampuan komputerisasi.

a.  Sistem Turunan.

Sistem ini biasa diinstal untuk menawarkan kemampuan khusus perhitungan suatu perusahaan . Masalah dengan sisitem ini adalah bahwa sistem ini  tidak bisa dirancang untuk berinteraksi dengan perhitungan lainnya dan sistem operasi membuatnya sulit untuk menambah kemampuan baru perusahaan komputer .

b.  Sistem Operasi Microsoft.

Microsoft menawarkan sistem operasi yang lebih populer untuk                                digunakan pada  komputer. Contoh :Ms. DOS, WINDOWS 95, WINDOWS NT.
Salah satu kelebihan sisten operasi microsoft adalah keunggulan yang relatif lebih murah dari program –program aplikasi lainnya.
Salah satu kekurangan yang terbesar dari sistem operasi microsoft adalah tidak mempunyai keterhubungan dan kemampuan internal .
C.   Pemakai Sistem UNIX.
UNIX bermula dengan dikeluarkannya produk dari AT&T  yang merupakan salah satu cabang yang mengacu pada x/open dan kode sumber asli yang dimiliki oleh SCO (Santa Cruz Operation). SCO menawarkan  SCO UNIX untuk sistem komputer pribadi berbasis Intel  x86 dan Chips yang kompatible

D.   UNIX Terbuka.

Sistem UNIX adalah sistem yang menawarkan kemampuan tanpa suatu keharusan dalam spesialis hardware atau arsitektur mesin tertentu. Aplikasinya pada sistem BSD dan LINUX.

E.   Platform Lainnya.

Dua macam platform lainnya yang biasa dipakai  sekarang adalah MacOS pada Apple Macintosh dan Novell Netware.

F.    Memilih Sistem Operasi yang tepat yaitu :

1.   Alamat-alamat yang dibutuhkan.
Harus memperhatikan dari faktor kebutuhannya. Misalkan  Anda memmbutuhkan keamanan transaksi Online, Anda harus yakin jika sistem tersebut mendukung .
  1. Kemampuan operasi internal.
  2. Pendukung untuk hardware yang berbeda.
  3. Meningkatkan kemampuan.


Penutup

           
            Sehubungan dengan meningkat dan merebaknya peluang bisnis, jauh sebelumnya, manusia mulai memikirkan bagaimana cara berbisnis yang efektif dan efisien. Maka lahirlah sebuah perkembangan penyampaian informasi yang dalam tahap ini lebih dimungkinkan dalam bidang otomasi perkantoran .Lingkup bisnis pun tidak terlepas pula dari peranan komputer sebagai satu kesatuan yang terintegrasi dengan user sebagai pengendali atau pemakaiannya. Disamping itu, peranan komputerpun mempunyai kinerja yang berbeda – beda. Hal inilah yang menjadi “lirikan” bagi para pebisnis, terlebih lagi bagi seorang manager untuk memutuskan jenis komputer yang bagaimana serta sistem operasi yang bagaimana untuk mendukung kegiatan bisnisnya.

            Maka pilihan produkpun mulai membanjiri pasaran, mulai dari sistem operasi yang sudah tidak asing lagi bagi kita seperti : Windows yang merupakan keluaran produk Microsoft hingga sistem operasi UNIX dan LINUX yang mungkin untuk saat ini sedang booming. Berbagai fasilitas banyak sekali yang ditawarkan, tergantung dari para pelaku bisnis untuk memilih jenis SO yang mana ?. Meskipun demikian setiap sesuatu itu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan.

            Disamping itu , hendaknya seorang manager memiliki pengetahuan yang baik dalam membimbing para teknisi dalam pelaksanaan pencarian solusi terbaik bagi perusahaan. Dengan maksud diharapkan nantinya akan memberikan hasil yang terbaik untuk masa sekarang dan masa yang akan datang,

0 komentar:

Posting Komentar