Kamis, 14 Juli 2011

MENCETAK DENGAN DATAREPORT


Contoh programnya dapat anda download pada halaman Download di Blog ini.
Nama programnya adalah CONTOH PROGRAM RELASI DAN CETAK

Salah satu hal yang tidak kalah penting dalam pembuatan aplikasi adalah mencetak data atau memprint data. Visual Basic secara default telah menyediakan fasilitas untuk melakukan pencetakan data yakni Data environtment dan Data Report. Data Environment digunakan untuk mengkoneksikan field atau memanggil table dan field2 didalamnya, sedangkan DataReport digunakan untuk merancang atau mendesain tampilan dari pencetakan nantinya.
Berikut adalah cara melakukan pencetakan dengan DATAREPORT.
Misalnya kita telah mempunyai sebuah database KEMAHASISWAAN yang berikikan table DATADOSEN dan juga table DATAMATAKULIAH. Sekarang kita akan mencetak table MATA KULIAH (misalnya), maka langkah2nya adalah sebagai berikut :

1.       Buka menu PROJECT,  lalu klik ADD DATA Environment dan ADD DATA REPORT. Pada jendela project akan muncul tampilan sebagai berikut :
  


1.       Klik 2 kali DataEnvironment, lalu pada item CONNECTION, klik kanan dan pilih properties

 
1.       Pilih Microsoft JET 4.0 lalu tekan NEXT
2.       Selanjutnya cari lokasi DATABASE anda seperti dibawah ini :



1.       Tekan Test Connection, Jika koneksi berhasil akan muncul kotak dialog Test Connected Succesed. Setelah itu klik OK lalu klik OK sekali lagi untuk menutup jendela.
2.       Klik Kanan kembali CONNECTION lalu pilih ADD COMMAND



 
Maka dibawah CONNECTION akan muncul sub COMMAND1
1.       Klik Kanan COMMAND1 lalu pilih Properties, aturlah tampilan yang muncul seperti berikut :


Object name anda pilih table yang akan anda cetak!
1.       Setelah itu tekan APPLY dan OK !
2.       Maka di COMMAND1 akan muncul field2 dari table MK yang dimaksud !

1.       Selesailah Pengaturan untuk DataEnvironment !
2.       Langkah selanjutnya adalah klik 2 kali DATAREPORT, lalu atur posisinya seperti beikut (letakkan DATAENVIRONMENT dan DATAREPORT berdampingan)  :

1.       Koneksikan DATAREPORT dengan DATAENVIRONMENT, dengan cara aktifkan DATAREPORT lalu setting properties datasource pilih DATAENVIRONMENT1 dan datamember pilih Command1.
2.       Drag filed dari dataenvironment satu persatu. Ingat, setiap kali anda mendrag filed, maka terdapat dua file yang ikut serta yakni file COMMAND dan file TEXT. File text pinggirannya berupa garis putus-putus, sedangkan file Command pinggirannya berupa garis lurus(tidak putus-putus). Drag ke area DETAIL, lalu file textnya anda anda pindahkan pada bagian page header seperti dibawah ini :


1.       Jika sudah selesai buat perintah cetak (misalnya pada FORMMENU cetak) lalu klik dua kali masukkan listing berikut :
Private Sub MNUCETAK_Click()
DataReport1.Show
End Sub

2.       Jalankan program menu utama, lalu tekan cetak data


1.       Maka akan muncul tampilan prieview berikut, untuk mencetak anda tinggal menekan tombol icon cetak pada bagian atas layar. Sedangkan untuk menambahkan garis, maka anda tinggal menambahkan dan mengambil garis pada bagian tools dari datareport! Selamat mencoba!


9 komentar:

  1. Thanks' pak dah membuat blogspot visual besic ni lebih meningkatkan belajar VB saya terutama mencetak diatas da saya bisa belajar Lewat blog ini semoga bisa dikembangkan lagi... terima kasih pak

    BalasHapus
  2. @MUH IKBAL EFENDY
    sama-sama, kalo ada masalah posting di buku tamu aja, nanti sy berusaha carikan solusinya...

    BalasHapus
  3. saya mau tayak selain windows XP apa gak ada lagi windows yang bisa membuat cetak crystal report?

    BalasHapus
  4. makasih pak atas penjelasannya...oya pak knpa waktu sya instal cristal refort leptop saya lansung mati kena pirus knpa gtu pak...

    BalasHapus
  5. asss...maksih pak saya sudah coba n alhamdullil bisa..oya sya sudah donwlod programx tpi gak bisa di jlankan gmana caranya...maksih sebelumya..

    BalasHapus
  6. pak knapa pageset yg saya donlod tidak bias di instal mohon petunjuk..mkasih..

    BalasHapus
  7. @muhgafri
    Copy programnya ke direktori C: trus dijalankan! pageset bisa didownload langsung pada alamat yg ada di artikel mencetak landscape dgn datareport...saat ini crystal report versi 8.5 belum bisa diinstal di windows 7, tapi versi crystal report yg diatasnya (mis. 10 ) mungkin bisa...hanya tidak ada komponen Crystal report controlnya...saran sy ganti saja SOnya sementara dengan XP buat dipake ujian aja dulu...

    BalasHapus
  8. bagaimana jika mencetak data dari tabel yang berelasi ( transaksi - detail transaksi) dan dengan parameter tertentu, contohnya berdasarkan tanggal atau nama..

    mohon pencerahannya,,,

    BalasHapus
  9. @Bagus Adi Setya'Mencetak didata report agak sulit jika harus memfilter field dari tabel yang akan dicetak. kebanyakan program transaksi dan detailnya menggunkan SQL, namun sy ada contoh program dgn listing sederhana untuk relasi tabel tersebut, nanti sy upload insyaAllah... mengenai pencetakannya saya sarankan anda gunakan Crystal Report

    BalasHapus